Kuliner Tempo Dulu di Kelurahan Siwalan dalam Expo Pangan Jadul

Ibu-bu penerima PKH Kelurahan Siwalan bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Siwalan mengadakan Expo Pangan di Kampung Tematik dengan Tema Pemberdayaan KPM PKH melalui usaha kuliner tempo dulu. Kegiatan di mulai September 2018. Acara di buka pertama kali oleh Didik Dwi Hartanto, SH, MM Camat Gayamsari dan dihadiri oleh semua KPM PKH Kelurahan Siwalan. Acara ini terselenggara atas dukungan Niken Nugraheni, SE selaku Lurah Siwalan.

Awal Mulai Adanya Expo Pangan Jadul

Kuliner Tempo Dulu
Expo Pangan Jadul

Berawal dari adanya kampung tematik yang belum tersentuh kegiatan sama sekali, saat itu pendamping menghadap bu lurah untuk minta tanda tangan Surat Keputusan Pembentukan KUBE. Berawal dari diskusi ringan bersama Lurah Siwalan selanjutnya disepakati untuk membentuk suatu kegiatan bersama yang bisa memberi manfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Kampung Tematik berada di Jl. Tambak Boyo RT 14 RW 2 Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.
Maka terbentuklah Expo Pangan Jadul, dalam expo itu semua makanan yang dijual adalah makanan tempo dulu yang bebas pengawet, harapannya untuk menghidupkan ekonomi KPM PKH pada khususnya dan warga sekitar pada umumnya. Kegiatan dilakukan setiap 2 bulan sekali sebagai ganti dr P2K2 atau FDS sesi ekonomi keuangan keluarga. Penerapan Modul FDS akan mendorong KPM untuk beindak hati-hati, teliti dan disiplin pada saat pengaturan keuangan keluarga
Expo Pangan Jadul hingga saat ini telah terselenggara 6 kali sejak 2018, Kegiatan ini dihadiri semua KPM, dan yang mempunyai usaha perdagangan wajib membawa semua dagangan nya untuk dijual kembali ke peserta yg hadir. KPM turut berperan menjual produk sebanyak 30 orang, masyarakat yang datang berkunjung melebihi 250 orang. KPM yang berjualan bergantian setiap bulan sekali, agar peran masing-masing KPM saling melengkapi.

Jangan Lupa Baca : Graduasi PKH Jadi Narasumber Pemberdayaan

Terhentinya Expo Pangan Jadul

Pandemi Covid 19 menyebabkan Expo Pangan Jadul terhenti. Expo Pangan Jadul terhenti karena tidak boleh ada nya kerumunan dan KPM takut tertular Corona. Mengingat juga larangan Pemerintah Kota Semarang, selama Covid 19, masyarakat dilarang berkumpul dan berkerumun. KPM berharap pandemi segera berakhir dan ijin Pemerintah Kota Semarang segera keluar untuk membuka kegiatan Expo Pangan Jadul. Ekspo Pangan Jadul atau lebih sering disebut Pemerintah Kelurahan Siwalan sebagai Ekspo Pangan CIAMIK ( Cinta Makanan Tematik ), memberikan dukungan penuh dengan membantu perijinan PIRT untuk produk KPM. Beberapa waktu lalu Pemerintah Kelurahan Siwalan telah menghadirkan Dinas Koperasi untuk pembinaan KPM, namun baru sekali pertemuan berlangsung, Wabah Corona/Covid 19 menyerang, sehingga belum terdapat pelatihan dan bimbingan sebagai kelanjutan pertemuan awal.

Jangan Lupa Baca : Pengusaha Muda Perempuan Lulusan PKH

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.