Nadine Makalew, seorang penyanyi solo asal Surabaya, Indonesia, telah menaruh minat pada musik sejak masa kecilnya, dimulai dengan belajar memainkan piano klasik. Pada tahun 2015, Nadine melanjutkan pendidikannya di Macromedia University of Applied Sciences di Freiburg, Jerman, dengan fokus pada program studi songwriting. Antara tahun 2020 hingga 2022, Nadine tinggal di Rotterdam, Belanda, untuk mengembangkan proyek solo nya, menjalin hubungan baru, dan berkolaborasi dengan beberapa musisi dan produser lokal Belanda.

Jangan Lupa Baca Juga : Single pertama yang lahir dari EP mendatang Aldi Handaling, “I’ll be Waiting”, adalah sebuah lagu mengenai perasaan saat menunggu seseorang tanpa kepastian

Selama periode tersebut, Nadine juga telah merilis beberapa karya, termasuk single “Paradise” (2020), “I Will Be” (2021), serta EP “Voyages of Life” dan “Sonorous” yang kedunya digarap bersama dengan beberapa musisi asal Jerman, seperti Nadine Traore, Timo Langpap, dan Joscha Tritschler.

Tahun ini, Nadine kembali dengan single terbarunya yang berjudul “The Other Side”. Lagu ini mengisahkan tentang hubungan jarak jauh yang akhirnya berakhir. Karena kedua belah pihak memiliki masalah yang belum terselesaikan dan salah satunya masih terjebak dalam perjuangan internal yang mengakibatkan hubungan menjadi tidak seimbang, sehingga mereka memutuskan untuk berpisah karena dianggap sebagai jalan terbaik.

“The Other Side” merupakan ekspresi Nadine tentang berbagai perjalanan hidupnya sebagai seorang perantau. Lagu ini menjadi gambaran dari berbagai fase kehidupan yang telah dilaluinya, mulai dari masa bertahan hidup hingga masalah dalam hubungan asmara.

Single ini menandai awal dari perjalanan menuju album penuh pertama Nadine Makalew yang direncanakan akan dirilis di akhir tahun ini. Pendengar dapat mengikuti perjalanannya, dimulai dengan “The Other Side”, yang sudah tersedia di semua platform streaming digital di seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.