Setelah hampir dua bulan proses pengerjaan, videoklip perdana berjudul “Perjalanan Lain Menuju Bulan” dari Yoko City Ghost akhirnya selesai dan dirilis pada 13 Januari 2024. Videoklip ini dikerjakan oleh seorang pembuat film asal Medan yang sebelumnya telah lama berkarir di Jogjakarta, yaitu Ardly Ma’ruf, dengan bantuan tim Degil House Production.

Jangan Lupa Baca Juga : Yovan Poli Luncurkan Single Terbaru ‘POV’ – Terinspirasi dari Dunia Tiktok dan Siapkan Album Perdana ‘Welcome to Reality

Konsep videoklip ini sepenuhnya merupakan interpretasi lirikal terhadap pemaknaan puitis dari Ardly dan vokalis Yoko City Ghost, Tengku Ariy. Dalam konsepnya, Ardly membayangkan Silmivana (vokalis Yoko City Ghost) yang berusaha meninggalkan masa lalunya, di mana ia terus dikejar oleh sesosok makhluk (diperankan oleh Faiz Alfarazi Pasaribu) menuju suatu tempat di mana kekosongan dan ketidakbermaknaan akan dihadapinya. Penuh dengan absurdisme, videoklip ini sesuai dengan konsep lirik yang sering diangkat oleh Yoko City Ghost.

Meskipun dikerjakan secara independen, Ardly dan timnya tetap mengutamakan profesionalitas dan menerapkan standar kualitas tinggi pada hasil akhir. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong musisi lain agar serius dalam pembuatan video klip, yang pada akhirnya menjadi bentuk promosi terbaru dalam industri musik Tanah Air.

Yoko City Ghost

Proses pengambilan gambar videoklip ini melibatkan tiga lokasi yang berbeda dan berjauhan. Adegan awal banyak diambil di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat. Adegan kedua direkam di studio yang berada di Degil House, Medan. Sedangkan adegan terakhir berlokasi di Delitua, Kabupaten Deli Serdang.

Sebagai bagian dari strategi promosi, videoklip ini ditayangkan dan ditonton bersama di Degil House pada hari yang sama dengan diselenggarakannya kegiatan diskusi tentang Pembuatan Video Klip “Indie.” Diskusi ini melibatkan sang sutradara, Ardly Ma’ruf, dan Kaleb Sitompul, seorang pembuat film yang lulus dari Institut Kesenian Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.