Setelah sukses menggelar Tur Jepang 2023 di tujuh lokasi pada bulan Mei, duo eksperimental asal Bandung, KUNTARI, kembali berkesempatan untuk menjelajahi panggung internasional. Kali ini, mereka akan membuat debut panggung di Eropa selama bulan Maret-April yang akan datang. Tur Eropa selama 35 hari dengan total 30 pertunjukan akan meliputi 25 kota dan 9 negara, termasuk Belanda, Jerman, Perancis, Denmark, Belgia, Italia, Lituania, Polandia, dan Republik Ceko.

Jangan Lupa Baca Juga : Bentuk Perjalanan Spiritual, AXSYA Luncurkan Single Perdana “Doubt Me Not”

Dengan mengusung genre Primal-Core (musik primal dengan sikap hardcore), KUNTARI akan mengunjungi beberapa venue legendaris seperti ALICE di Copenhagen, Denmark, dan LOFTAS di Vilnius, Lithuania. Tesla Manaf dan Rio Abror akan memimpin tur Eropa ini tanpa bantuan tim kru panggung atau dokumentasi, menjadikan tur ini efisien seperti yang mereka lakukan pada tur Jepang sebelumnya yang berlangsung selama 12 hari dengan 12 panggung.

Album “Larynx” (2022) KUNTARI, yang menduduki peringkat kedua dalam daftar 10 Album Indonesia Terbaik 2022 versi Redaksi VICE Indonesia, akan menjadi fokus utama dalam penampilan mereka di Eropa.

“Banyak permintaan dari teman-teman di Eropa untuk tampil di negara mereka membuat saya bertekad untuk melakukan semuanya secara mandiri sejak Oktober lalu. Teman-teman dari 9 negara tersebut dengan baik hati memberikan saran tentang venue terbaik di kota mereka, yang menghasilkan banyak tawaran panggung,” ujar Tesla Manaf.

Tur Eropa ini dilakukan secara independen tanpa melibatkan jasa agen pemesanan. Tesla, salah satu personil dan manajer KUNTARI, secara pribadi mengirimkan lebih dari 100 email ke venue di seluruh Eropa. Tesla berbagi pengalamannya ini melalui akun pribadinya di X (Twitter), memberikan tips bagi musisi yang ingin mengadakan tur internasional yang luas, mulai dari pembuatan press kit, penulisan email, perencanaan rute, pemilihan venue, dan lainnya.

Jangan Lupa Baca Juga : Indomusik Team Bersama Mustafa DEBU Merilis Single Religi “IMA (Insyaallah, Masyaallah, Astaghfirullah)”

Terkait tur luar negeri yang sering mereka lakukan, Tesla Manaf berpendapat, “Bagi saya, inklusivitas adalah segalanya. Banyak band Indonesia yang bagus dan harus didengar oleh publik global. Saya berbagi semua metodenya agar tidak ada kebingungan dari mana harus memulai.”

Tur Eropa ini didanai oleh program Pemerintah bernama “Dana Indonesiana” dan didukung oleh Grimloc Records, Maternal, Orange Cliff Records, dan ArteTetra sebagai penyelenggara di Italia. Kabarnya, seminggu setelah tur Eropa, KUNTARI akan melanjutkan tur ke Jepang pada pertengahan bulan Mei, dengan jadwal bermain di 6 panggung di negara Sakura tersebut.

JADWAL KUNTARI EUROPE TOUR 2024:

MARET
26 Universitas Amsterdam, Amsterdam, Belanda
27 Treehouse NDSM, Amsterdam, Belanda
28 WineBunker, Brussels, Belgia
29 Kilimanjaro, Dunkirk, Perancis
30 Zorba, Paris, Perancis

APRIL
2 Alice, Copenhagen, Denmark
3 Loch, Wuppertal, Jerman
4 Odradek, Chemnitz, Jerman
5 TBA, Berlin, Jerman
6 Nordstadtbraut, Hannover, Jerman
7 Hitness Club, Leipzig, Jerman
9 Universitas ESAC, Cambrai, Perancis
10 Ateliers Jouret, Lille, Perancis
11 La Flac, Valenciennes, Perancis
13 Masseria Atipica, Bari, Italia
14 Masseria Atipica, Bari, Italia
16 30 Formiche, Roma, Italia
17 (TBA) Bologna, Italia
18 Exalge, Milan, Italia
19 Spettro, Brescia, Italia
20 Circolo Nadir, Padova, Italia
21 Pietra Tonale, Turin, Italia
23 Loftas, Vilnius, Lituania
24 Misko Uostas, Svencioneliai, Lituania
25 Ignorantka, Lodz, Polandia
26 Divadlo 29, Pardubice, Republik Ceko
27 Punctum, Praha, Republik Ceko
28 Morphine Raum, Berlin, Jerman
29 Neverland Squat, Zeist, Belanda
30 The Sun Studio, Rotterdam, Belanda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.